PROFIL KOMISIONER
KPU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

SUHARDI SOUD
KETUA KPU PROVINSI NTB

Suhardi Soud adalah Ketua KPU Provinsi NTB periode 2019-2024. Ini adalah periode keduanya menjadi Komisioner KPU Provinsi NTB. Pada periode 2014- 2019 pertama ia menjabat Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi NTB. Memulai karir sebagai penyelenggara pemilu dari daerah asalnya Sumbawa. Menjadi anggota KPU Anggota KPU Kab. Sumbawa selama dua periode dari tahun 2003-2008 dan selanjutnya terpilih kembali menjadi Ketua KPU kabupaten Sumbawa Periode 2008-2013.

Pria kelahiran Songkar, Sumbawa tanggal 25 September 1976 ini telah dikaruniai empat orang anak dari Istri bernama Asri, SH.I. Dengan background sebagai seorang aktivis, menempa  diri di organisasi intra dan ekstra kampus. Alumni fakultas ekonomi universitas Mataram ini memiliki Pengalaman organisasinya sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Mataram (1999-2000) dan Ketua Presidium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Daerah Kab. Sumbawa  (2012-2014).

Hal  yang tak pernah dilupakannya saat menjadi penyelenggara Pemilu di Kab. Sumbawa saat pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2010. Tahapan pilkada tersebut ketika itu dilaksanakan dalam tiga putaran,  namun meski atmosfir yang panas tahapan Pilkada tersebut dapat berjalan lancar dan demokratis.

Dengan bekal dan pengalaman sebagai penyelenggara Pemilu di Kab. Sumbawa dan menjadi Anggota KPU Provinsi NTB, menghantarkan dirinya menjadi Ketua KPU Provinsi NTB Periode 2019-2024. Sukses nya penyelenggaraan pemilu serentak 2019 di NTB adalah bukti nyata kiprahnya mengorganisasikan  penyelenggara pemilu di NTB. Tongkat kepemimpinan Penyelenggaraan Pemilu di Wilayah Provinsi NTB berada pada dirinya hingga tahun 2024 mendatang.  [ ]

YAN MARLI, M.MPd., MPd.
ANGGOTA KPU PROVINSI NTB

Yan Marli Terpilih kembali menjadi anggota KPU Provinsi NTB periode 2019–2024. Ini adalah periode kedua Pria Kelahiran Terara Lombok Timur tanggal 31 Desember 1967 menjabat sebagai Komisioner KPU Provinsi NTB. Saat ini dirinya menjadi Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Hukum dan Pengawasan.  pada periode pertama dirinya menjadi Anggota KPU Provinsi NTB, 2.5 Tahun Pertama Divisi Hukum dan 2.5 Tahun Kedua menggeluti Divisi SDM dan Parmas.

Yan Marli Terpilih kembali menjadi anggota KPU Provinsi NTB periode 2019–2024. Pada periode kedua ini dirinya menjabat sebagai Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Hukum dan Pengawasan.

Awal karirnya Dalam Bidang Kepemiluan dimulai sebagai Anggota Panwaslu Kecamatan Ampenan pada Pemilu 2004, dan Ketua Panwaslu Cakranegera pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram 2005. Karirnya kian meroket, pada tahun 2008 ia menjadi Anggota Panwalu Provinsi NTB, dan menjadi Ketua Panwaslu Provinsi NTB Tahun 2008-2009.

Pria yang identik dengan warna hitam ini merupakan salah satu Anggota Tim Penatar Bawaslu Republik Indonesia Bagian barat, Tengah dan Timur (2010) dan kini dirinya adalah salah satu Anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) wilayah Provinsi NTB Tahun 2014-2019 dan Tahun 2019-Sekarang. Di dunia pendidikan Yan Marli sedang menyelesaikan jenjang pendidikan Program Doktoral (S3) jurusan Bahasa Inggris dengan Konsentrasi Linguistik Hukum (Forensic Linguistics) di Universitas Negeri Surabaya.  [ ]

ZURIATI, SP.
ANGGOTA KPU PROVINSI NTB

Zuriati merupakan satu-satunya perempuan yang terpilih sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat Periode 2019-2024. Perempuan kelahiran Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima 25 Mei 1973 ini sebelumnya pernah menjadi Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima selama 2 periode, yaitu Periode Tahun 2008-2013 dan 2014-2019. Zuriati, Bersama TIM KPU Kabupaten Bima yang kental akan nuansa konfliknya, berganti wajah menjadi Kabupaten Bima yang sukses menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan secara aman, damai, berintegritas, dan kondusif, serta menerapkan azas Pemilu yang Luber Jurdil. Saat ini, Zuriati merupakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi NTB. Wanita yang memiliki latar belakang pendidikan pertanian ini, aktif dalam berbagai kegiatan salah satunya sebagai Motivator dan Fasilitator Pembangunan Masyarakat Desa. Selain itu, dirinya pun sempat menjabat sebagai Koordinator dalam Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Bima, yang merupakan proyek kerjasama antara Negara Republik Indonesia dan Pemerintah Federal Jerman pada tahun 2003-2005.

Wanita yang terkenal dengan keuletannya ini pernah menjadi Sekretaris Bidang I (Penalaran dan Pengabdian Masyarakat Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Mataram Tahun 1993-1994. Selain itu, dirinya pun penah menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif pada Center of Development Studies (CeDES) Bima.

Dirinya juga aktif di berbagai bidang, pernah terlibat dalam kegiatan sosial pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, antara lain sebagai Tim Peneliti Daerah Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) pada Tahun 2006, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bima pada Tahun 2006, serta terlibat pula sebagai Tim Pengembangan Ekonomi Lokal Kabupaten Bima pada Tahun 2008. Karir cemerlangnya pada bidang ekonomi dan sosial tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat luas.  [ ]

Ir. H. SYAMSUDDIN
ANGGOTA KPU PROVINSI NTB

Pria kelahiran Dompu, 23 Mei 1961 yang akrab disapa Dae ini merupakan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Menjalani karir di Bidang Kepemiluan, yang notabene bertentangan dengan latar belakang pendidikannya, telah ia lakoni sejak Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden  Tahun 2004 dan PILEG Tahun 2014.

Pria dengan empat orang anak ini sangat aktif dalam kepemiluan. Dirinya aktif sebagai  Pengawas Pemilihan Umum Legislatif sejak tahun 2004 s/d 2017, dirinya juga aktif sebagai Pengawas PILKADA 2005, 2008, 2010, 2013.

Belasan tahun menekuni karir di bidang kepemiluan, Dae tak pelit ilmu. Dirinya membagi ilmu kepemiluan yang dimiliki dengan memberikan Pelatihan Kepemiluan kepada Anggota dan Sekretaris Panitia Pengawas Pemilihan Umum sejak Tahun 2003-2009. Dirinya pun pernah menjadi Fasilitator bagi Bawaslu, Penyidik, dan Jaksa pada Sentra Gakkumdu Provinsi dalam Pemilihan Umum Tahun 2014. Tak hanya itu, Dae pun pernah aktif dalam Training of Trainers (TOT) bagi Tim Asistensi di Sekretariat Jenderal Bawaslu Provinsi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2013.

“Selalu merasa haus akan ilmu kepemiluan”. Itulah kalimat yang agaknya tepat menggambarkan diri seorang Dae. Belasan tahun terlibat aktif dalam kepemiluan di Provinsi NTB, Dae dengan rendah hati mengikuti berbagai seminar dan pelatihan kepemiluan. Salah satunya adalah mengikuti Seminar Internasional “Demokrasi, Pemilu, dan Pengawas Pemilu” dalam rangka Pertukaran Pengetahuan serta Komparasi Sistem Pemilu di Indonesia dengan Duta Besar Negara-Negara Sahabat Indonesia. [ ]

AGUS HILMAN, S.Sos.,M.Si
ANGGOTA KPU PROVINSI NTB

Hilman sapaan Akrabnya, pria lulusan Tahun 2017 Pasca Sarjana Universitas Indonesia merupakan sosok yang friendly. Sebelum menjadi Komisioner KPU Provinsi NTB periode 2019–2024, dirinya pernah menjadi tenaga ahli Wakil Ketua DPR bidang koordinator politik dan Keamanan (KORPOLKAM) DPR RI membidangi badan legislasi (Baleg) Komisi I, II, dan III. Jenjang Pendidikannya diawali dibangku sekolah Dasar Negeri 13 Ampenan, lalu melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama (1998) dan sekolah menangah umum (2001) di Situbondo Jawa timur.

Pria Kelahiran Ampenan, 3 Agustus 1983 ini pernah terlibat dalam Gerakan Pemilih Cerdas (GPC) untuk Wilayah Indonesia Timur PB HMI bekerjasama dengan JICA dan Kemendagri Pada PILEG dan PILPRES Tahun 2009. Pengalaman pekerjaan non kepemilua pria  dua orang anak ini adalah Direktur Centre for Fiqh and Society Studies (CFSS) Yogyakarta bekerja sama dengan Asian Muslim Action Network (AMAN) Thailand (2006–2007). Selain itu dalam pengalaman organisasi Hilman merupakan Direktur Pusat Ketahanan Demokrasi (PUKET) Tahun 2017, dan Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Tahun 2010–2012.

Dalam bidang karya tulis, Bang Hilman sapaan adalah Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional pada Pekan Ilmiah Nasional Se Indonesia di Bandung Jawa Barat Tahun 2007 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. [ ] 

TERIMA KASIH

Laporan Anda telah kami terima, paling lambat dalam 5 hari kami akan menindak lanjuti dan membalas laporan Anda

Skip to content