KPU NTB LAKUKAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN DISERAHKAN PULA PIAGAM KEPATUHAN PENGISIAN SITAP

Foto untuk : KPU NTB LAKUKAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN DISERAHKAN PULA PIAGAM KEPATUHAN PENGISIAN SITAP

Mataram, NTB - KPU terus mengupayakan tersedianya data dan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir. Untuk itu, KPU Prov. NTB melaksanakan Rapat Koordinasi Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2016 dalam upaya pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan untuk menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Rakor yang dihadiri Divisi Teknis dan Operator Sidalih KPU Kabkota se NTB dihadiri langsung oleh Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI Dr. Ferry Kurnia Rizkiansyah, S.IP. yang didampingin oleh Wakaro Perencanaan dan Data Informasi serta Kasubbag Pemutakhiran Setjen KPU RI.

Dalam kesempatan tersebut Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan bahwa Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan merupakan upaya KPU untuk melakukan persiapan yang lebih baik dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang akan datang serta sebagai wujud integritas, kemandirian dan profesionalias instansi KPU dari Pusat, KPU Provinsi hingga KPU Kab./Kota.

“Untuk mengupayakan dan menghasilkan data yang komprehensif dan menyeluruh, diharapkan KPU Provinsi dan KPU KabKota se NTB agar aktif berkoordinasi dengan Dukcapil ditingkatannya masing-masing. Sehingga, data yang dimiliki selalu akurat dan menjadi data yang siap disinkronisasi dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada mendatang.

Koordinasi dan singkronisasi data dilakukan dengan Dinas Dukcapil untuk memperoleh kepastian data mutasi penduduk yang masuk dan/atau keluar serta meninggal dunia, jelas Ferry.

Selain itu, KPU juga mengusulkan dan menetapkan melalui Peraturan KPU dalam penyusunan dan perbaikan data pemilih untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan menggunakan identitas yang jelas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Paspor dan Surat Keterangan dari Dinas Dukcapil sehingga tidak ada multitafsir, tambah Ferry Kurnia Rizkiansyah.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi NTB dalam pengantarnya mengatakan daftar pemilih sering menjadi persoalan pada saat menjelang pemungutan suara dan pasca pemungutan suara, karenanya KPU Provinsi dan KPU KabKota sudah melakukan langkah koordinatif bersama Gubernur, Bupati dan Dinas Dukcapil.

Selain itu, KPU Provinsi NTB dan KabKota juga terus melakukan penataan kualitas pelayanan kepada masyarakat seperti Keterbukaan Informasi Publik dan penataan SDM. “guna memberikan informasi kepemiluan dan data kepada masyarakat secara luas yang tersedia didalam e-PPID KPU Prov. NTB dan e-PPID KPU Kab./Kota, tambah Lalu Aksar Ansori.

Pada acara tersebut juga diserahkan Piagam kepatuhan dalam pengisian Sistem Informasi Tahapan (SiTap) Pilkada Tahun 2015 di 7 Kabkota se NTB. Piagam Penghargaan diserahkan oleh Ferry kepada Sangat Patuh Peringkat I yaitu KPU Kab. Bima, Sangat Patuh Peringkat II KPU Kab. Sumbawa dan Sangat Patuh Peringkat III KPU Kab. Lombok Tengah.

Setelah memberikan pengarahan dalam Rakor, Ferry Kurnia Rizkiansyah berkesempatan meninjau langsung pelayanan PPID di ruang PPID dan simulasi e-Arsip di ruang Data Center KPU Provinsi NTB. Ferry tidak lupa memberikan masukan untuk pengembangan PPID/e-PPID serta e-Arsip agar selain KPU Provinsi NTB siap menjalankan transparansi informasi, lebih dari itu dalam rangka penilaian keterbukaan informasi tingkat nasional.

 
  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • -
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • -
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%